E-Assessment

Pembelajaran dan penilaian dalam tari memiliki karkateristik yang berbeda, dimana antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap terintegrasi menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Mempelajari tarian tidak hanya secara teoretis saja, tetapi juga praktik langsung, hal inilah yang membuat evaluasi pada pembelajaran, khususnya praktik tari sulit dilakukan guru.

Pada web ini guru dengan siswa secara bersama-sama melakukan evaluasi yang terencana dan terdokumentasi dengan baik, sehingga memudahkan dalam melakukan evaluasi dengan metode paper and pencil tes, observasi atau pengamatan. Metode observasi ini biasanya memiliki kelemahan pada sisi waktu, untuk itu diperlukan bantuan media atau teknologi yang mendukung agar evaluasi siswa dapat diberi umpan balik dan diberi apresiasi. Begitu pula untuk materi teoritis, dimana penugasan kepada mahasiswa dapat terencana, terjadwal, dan terdokumentasi dengan baik.

Evaluasi menjadi langkah awal dalam menentukan tujuan pembelajaran, mengembangkan program, dan menindaklanjuti siswa yang memiliki kelemahan atau kelebihan. Untuk itu besar harapan kiranya  dengan adanya web ini, dapat digunakan untuk praktisi pendidik, baik di lembaga formal dan non formal untuk selalu memperhatikan pentingnya evaluasi yang terdokumentasi dengan baik dan rapi.

Berikut mitra kerja kami: